Minggu, 21 Desember 2008

Yamaha MX 135 LC 2006














Pasang Pro Arm Honda NSR

Trend modif yang semakin marak di kota Pontianak membuat banyak orang saling berlomba untuk menjadi motor siapa yang terbaik. Begitu juga dengan Irfandi pemilik motor Yamaha MX 135LC tahun 2006 yang menghabiskan lebih dari 20 juta untuk memodifikasi motornya.

Irfandi yang juga seorang modifikator 2XP yang terletak di Jl Karet, tertarik untuk mendandani motor Yamaha MX yang dibelinya dari kawan. Pertama dia mengganti arm MX dengan pro-arm milik NSR 150 SP, namun ini bukan hal yang mudah menurutnya, karena dia harus mengganti dudukan yang ada dan menyetel ulang posisi ban agar menjadi stabil.

Setelah pro-arm terpasang, dia harus disibukkan lagi dengan pemasangan cakram belakang, cakram asli milik NSR 150 SP terlihat kecil dengan ukuran pelek yang ada, akhirnya dia mencomot cakram belakang milik Sun Star Ninja, alhasil pelek belakang semakin kokoh karena di dukung dengan piringan cakram yang lebar.

Sedangkan sok belakang, Irfan memakai sok merek YSS yang bisa di setel kelenturannya. "Jadi kita bisa mengukur kapan sok ini dipakai lembut dan keras," ujarnya.

Irfan juga mengubah bagian depan motor dengan mengganti sok depan dengan sok merek Gazi, pelek milik Honda LS 125 serta memakai master rem milik Brembo empat piston yang terlihat semakin kokoh.

Selain itu Irfan juga menggunakan footstep Yamaha Thailand yang dipesannya dari seorang teman yang sering pulang pergi ke Thailand. Knalpot merek TDR dipakainya untuk menambah daya pacu, sehingga motor lebih kencang.

Untuk cat motor, Irfan menggunakan cat mahal yang bernama Carmik, Rp 2,75 juta hanya untuk membeli 1/4 kilo cat tersebut. Selain itu untuk clear dia memilih clear warna hitam dengan efek hologram yang di datangkan langsung dari Malaysia.

Data Modifikasi :
Ban depan : Battlax 100/70-17
Ban belakang : Battlax 110/70-17
Pelek depan : Honda LS 125
Pelek belakang : NSR 150-SP
Sok depan : Gazi
Sok belakang : YSS
Cakram depan : Sun Star TZM 150
Cakram Belakang : Sun Star Ninja
Knalpot : TDR
Master Rem : Brembo
Footstep : Yamaha Thailand




















































Motor Hi-Tech


Selain pemasangan pro-arm dan beberapa perangkat lain di Yamah Jupiter MX miliknya, Irfan memasangkan kamera sebuah kamera TV yang letaknya di belakang tepat di atas knalpot, pemasangan kamera tersebut untuk menggantikan kaca spion yang telah tidak diapakainya.

Layar LCD 5 inci dipasang di tempat spidometer motor untuk memunculkan hasil tangkapan kamera yang berada di belakang motor. Selain itu juga Irfan juga membuatkan switch untuk menghidup matikan layar tersebut.

Untuk membuat kamera dan layar LCD menyala, Irfan masih menggunakan aki motor standar milik Yamaha MX. Sedangkan untuk kamera dan layar LCD tersebut, dia mendatangkannya langsung dari Malaysia.

Karena ruang spidometer telah terpakai untuk monitor, Irfan kemudian menggunakan takometer digital Cat Eye tipe Velo 5 sebagai penunjuk kecepatan motor dan kondisi tangki.

Dengan dipadukannya kamera, layar LCD serta takometer digital, Irfan meyakini motornya sebagai motor hi tech yang ada di Kota Pontianak.














Kuli Mesin

Irfandi (30), pemilik motor Yamaha Jupiter MX mengaku sudah 13 tahun menggeluti dunia motor. Sewaktu SMA Irfan mengaku telah mencoba merombak motor Honda Prima yang diberikannya, semua barang motornya tersebut dipretelinya. "Karen kepingin tahu, saya preteli sendiri mesin-mesin motor, eh bukannya bagus, malah jadi rusak motor," ujar Irfan yang mengisahkan masa lalunya.

Tamat dari SMA Irfan bekerja di sebuah bengkel yang berada di Jl Uraibawadi sebagai tukang service motor. Karena hobinya terhadap motor, sehari-harinya Irfan selalu sibuk dengan motor-motor yang ditanganinya. "Saking sibuknya saya, sampe-sampe orang tua saya mengganggap saya sebagai kuli mesin," ujarnya sambil tertawa.

Karena ingin maju, Irfan mengundurkan diri dari pekerjaannya tersebut dan mulai untuk membuka bengkel modifikasi motor yang bernama 2XP yang terletak di Jl Karet. Yamaha MX kepunyaannya pun menjadi sebuah bahan uji coba modifikasinya, dan hasilnya tidak mengecewakan.

Dengan karya modifikasi yang begitu beda dan termasuk beda, membuat banyak peminat modifikasi motor yang datang ketempatnya. Menurutnya hampir semua motor hasil modifannya menjuarai setiap kejuaraan- kejuaraan yang diadakan di Pontianak.

Biofile
Nama : Irfandi
Ttl : Pontianak, 6 Maret 1978
Alamat Rumah : Jl Karet Gg Alam Jaya B 12
Pekerjaan : Modifikator 2XP
Status : Berkeluarga
Anak : 2

1 komentar:

  1. Wah.. Mas Irfan Hebat juga ya.. Terlebih Motor Mx nya keren.. Tapi, sayang lcd pengganti kaca spionnya nggak diperlihatkan.. tapi motornya keren banget..

    BalasHapus