Sabtu, 23 Mei 2009

Toyota FJ 40 Tubular 1980

Miliki Tenaga Besar



























Off-Road merupakan salah satu olah raga ekstrem. Lumpur, batu, pohon hingga jalur ekstrem harus mampu dilalaui offroader. Tantangan selalu dimulai dalam setiap kompetisi. Nyali dan tekhnik yang tinggi harus didukung dengan mobil yang baik.

Mobil Off-road modifikasi jenis FJ 40 Tubular 1980 milik Bambang terlihat di halaman parkir kediamannya di kawasan Jalan Gusti Hamzah Gg pancasila 5. Mobil tersebut terlihat bersih dan terawat.

Mobil Off Road miliknya masih menggunakan rangka toyota FJ 40 untuk bagian depannya. "Bagian depan masih toyota dan sisianya hingga dudukan adalah rangka tubular," ungkap pria kelahiran 1968 ini. rangka tersebut merupakan rangka yang dibentuk sendiri olehnya dibantu dengan mekanik

Ketika mesin mobil dihidupkan langsung terdengar suara gemuruh dari klanpotnya. Disain bodi yang terlihat garang ditambah deru mesih yang keras memperlihatkan kekuatan mobil FJ 40 miliknya. Mobil tersebut memang dirancang untuk melalui medan berat.

Kecintaannya terhadap olahraga tersebut lantaran kegemarannya terhadap alam. "Dulu saya adalah aktifisis lingkungan. Pastinya akan sering keluar masuk hutan," jelas Bambang. Karena kegemarannya tersebut membuat ia selalu ikut kompetisi hingga ke pulau jawa.

Bambang sendiri merupakan anggota Indonesian Off-road Federation (IOF). "Di Pontianak ada tujuh anggota IOF. Kerjasama dan berbagi informasi selalu dilakukan. Tapi untuk saya sendiri sekarang jarang berkumpul karena kesibukan sebagai konsultan. Jika ada waktu berkumpul maka yang dibahas hanya seputar hobinya tersebut," ungkap pria ramah ini.

Mobilnya tersebut mulai dirakit dan dimodifikasi sejak tahun 2002. Mesin yang digunakan sudah sering berganti karena jika mesin telah jebol maka akan diganti dengan yang baru. Sebagian tubular dikirim lansung dari Jerman. "Pastinya kita mengingikan kualitas yang terbaik," katanya
sambil memperlihatkan kepada tribun.

Mobil off-road milik bambang saat ditemui tribun tampak bersih dan terawat. Lumpur yang menempel di bodi tidak terlihat, hanya bekas sedikit yang masih menempel di ban. "Saya lebih senang dengan yang bersih. Kondisi bagaimanapun, lumpur harus segera dibersihkan. Untuk dapat hasil maksimal mesin juga dibongkar," ungkapnya sambil tersenyum.

Bodi yang melekat di mobil jip tersebut berdasarkan rancangan bambang sendiri. "Dulu saya bawa rancangan bodi ini ke bengkel. Saya katakan keinginan Saya, maka jadilah bodi mobil ini," katanya. Bodi tersebut dirancang bambang sedemikian rupa agar tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan. "Dulu disain pertama saya bentuk dari karton," ungkapnya sambil tersenyum.
Kesibukan Bambang dengan pekerjaan sebagai konsultan membuatnya selalu mondar mandir ke beberapa kota di indonesia. "Sekarang Saya sibuk di daerah Biak dan Irianjaya. Jadi kendaraan ini lebih banyak terparkir di rumah," ungkapnya.

Bambang sendiri mengaku jarang menggunakan mobil tersebut di dalam kota, namun rekan-rekannya sering membawa mobil ke berbagai kegiatan otomotif. "Selama masih positif tentu akan saya berikan," jelas Bambang.

Sekarang bambang lebih banyak mendidik Offroder muda di pontianak. "Kita bimbing mereka, dan beri motivasi demi kemajuan prestasi untuk kalbar," katanya tegas. Bambang mengatakan bahwa offroder muda Pontianak memiliki potensi yang besar.

Selain mendidik offroader muda, keterlibatan navigator pengalaman juga mempengaruhi mental mereka. "Navigator berfungsi untuk mendampingi mereka yang berlaga di event tertentu," jelasanya. Kompetisi yang paling bergengsi menurutnya adalah event SrongPas Extreme Challange (SEC)."Event tersebut sangat bergengsi buat para offroader. dan event tersebut merupakan event nasional," kata Bambang.

Dalam kompetisi tersebut strategi juga digunakan demi kemajuan offroader Kalbar."Pastinya kompetisi tersebut menggunakan poin untuk perolehan nilai, maka startegi kita terapkan. Kita harus tau kapan maju bersaing atau memberi kesempatan yang muda," jelasnya. Bambang sendiri mengaku bahwa setiap ada kompetisi di luar kalimantan maka ia membawa nama Bhayangkara 4x4 Kal-Bar. Romi Subiantoro sebagai Navigator (Co-Driver).

Kendala dilapangan selalu bisa diatasinya, namun untuk sparepart terkadang mengalami kesulitan. "Kadang barang yang kita cari belum tentu ada. jadi saya mesiasati dengan cara menyetok barang. Paling tidak dalan satu transaksi kita beli dua Item sekaligus," jelas bambang.
Barang yang terpasang di mobilnya sendiri ia dapatkan dari berbagai tempat di indonesia bahkan sampai ke Australia. Kelengkapan surat pastinya ia pegang namun nama depannya identitas jip miliknya tertera nama Polda. "Maklum mobil jip ini digunakan dalam kompetisi, hanya nomor rangka yang masih bertahan. nomor mesin telah berganti karena sering jebol," ungkapnya sambil tersenyum. Bambang juga mengatakan bahwa olahraga ini sangat menyenangkan. Tidak ada unsur hura-hura yang selalu orang bayangkan.



























Spesifikasi Mobil

ENGINE
Mesin.............................................................AMC 6 silinder 4000 cc- ECU
Bahan bakar...................................................Pertamax
Kabel busi......................................................Splitfire
Radiator.........................................................Mitsubhisi
Extra fan.........................................................BMW-w123
Aki/ Accu.......................................................BMW-100 AMP
Alternator.......................................................OEM-AMC 120 AMP

DRIVETRAIN
Girboks.......................................................AMC-CJ7
Transfercase................................................AMC-CJ7
Gardan........................................................Toyota- FJ 40
Plopeler Shaft..............................................Toyota/ Modif/Custom
AS Roda.................................................... Toyota - FJ 40
Hubs...........................................................Aisin

KAKI KAKI
Sokbreker.................................................Ironman, 2 depan, 1 belakang
Per Daun...................................................Toyota- ex Australia
Rem..........................................................Disk Brake Toyota-Mitsubhisi
Pelek........................................................ M RW 15x 8 Beadlock
Ban...........................................................Simex Extreme Trekker 35 x 12,5 RI 5

AKSESORIS
Tangki......................................................Toyota 40 L
Pedal........................................................Toyota Prado
Boks setir................................................. Toyota Prado
Seat Belt................................................... Mughen
Winch........................................................ Warn 8274- 50
Jok............................................................ Pajero- Mitsubhisi
Lampu tambahan.......................................Hella
Perlengkapan............................................. Hi Jack-Boks Tool Kid

BENGKEL
Rangka................................................. Mega Motor ( Adi Sucipto)
Mesin....................................................Pancasiila Motor.
Bodi- Cat..............................................Sungai Raya Motor.














Biofile:
Nama : Bambang Kuncoro
TTD : Pontianak 14 April 1968
Pekerjaan : Konsultan
Hobi : Off - Road

Tidak ada komentar:

Posting Komentar