Sabtu, 23 Mei 2009

Jupiter MX 2006

Bergaya Moto GP



























Motor Jupiter MX tahun 2006 milik Toegimin Fudjiarto ini telah mengalami perubahan besar, komponen asli motor tersebut telah beralih menjadi motor dengan style moto GP milik Valentino Rossi. Bentuk bodi dirancang disesuaikan dengan konsep motor yang memiliki cc besar.

Rancangan tersebut muncul dari ide Toegimin sendiri. "Saya memang kreatif, terkadang daya hayal saya juga tinggi," ungkap pria tersebut bercanda. Menurutnya, ia mengabiskan waktu paling tidak sepuluh jam dalam sehari, dan hal tersebut dilakukannya sendirian selama satu bulan terakhir.

"Motor tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan ke masyarakat tentang kreatifitas, namun bukan sebagai ajang promosi," jelas Toegimin. Bagian belakang sengaja dirancang mendekati motor GP. Knalpot Endurace yang digunakan berada dibawah bodi motor.

Kegemarannya terhadap modifikasi motor sudah berlangsung sejak lama. "Namun sayang diantar ketiga anaknya belum ada yang mengikuti kegemaran Saya terhadap modifikasi," jelasnya seraya tertawa. Bodi motor tersebut diambil dari motor X 1 R asal Thailand.

Untuk pelek depan motor tersebut menggunakan Enkei yang berasal dari motor Eropa yang memiliki kekuatan 250 cc, dan supensi depan menggunakan Gazi Damper dengan sistem dari bawah ke atas atau lebih dikenal dengan sistem Up Sid Down.

Lengan ayun belakang menggunakan Pro Arm NSR-SP, modelnya melengkung mengikat ban, sehingga swing arm tersebut terlihat pincang. Akan tetapi dengan menggunakan Pro ArmNSR-SP kestabilan motor saat dikendarai tetap srabil sehingga untuk maneuver terasa lebih nyaman.

Untuk mendapatkan hasil sempurna, lengan ayun tersebut harus dipotong. "Perhitungan harus benar. Jadi Saya potong sebanyak 7 cm, jika tidak hasilnya kurang baik dari segi keamanan dan motor akan terlihat lebih panjang. "Style kita kan Moto GP bukan lowrider," jelasnya.

Menurut Toegimin, keamanan dan keselamatan dalam berkendara harus diutamakan. Estetika tetap menjadi acuan. "Untuk motor tersebut kelayakannya sudah pernah diuji. Jarak jauh dan dekat tetap aman dan nyaman dikendarai," ujarnya.

Hobi dan kegemarannya terhadap modifikasi motor sangat tinggi. Biaya yang telah dikeluarkan untuk kendaraan tersebut sekitar 47 juta. "Yang namanya hobi susah dibendung, harga berapapun kita keluarkan asalkan ide dapat tersalurkan," jelas Pria kelahiran Pontianak 46 tahun silam ini.

Menurut Toegimin, sudah banyak orang yang mencoba membeli motor hasil kreasinya, namun kerap ditolak."Ide dan kreatifitas pastinya mahal. Tapi kalo ada harga yang cocok boleh juga," kata pria tersebut tertawa.

Bahan untuk modifikasi motot tersebut sengaja dikirim dari luar. "Hapir seluruh komponen berasal dari Thailand. Kepuasan didapat karena barang-barang buatan sana jarang ada di sisni," kata Toegimin







































Spesifikasi

Ban depan.............Maximaly 90/80 17
Ban belakang........Maximaly 120/70 17
Pelek Depan..........Enkei
Pelek belakang......NSR-SP
Sok depan..............Gazi Damper Evolution
Sok belakang.........Gazi Damper Evolution
Swing Arm.............Pro Arm NSR-SP
Rem depan.............Capiler brembo 2 piston (double disk)
Rem belakang........capiler brembo 4 piston
Bengkel...................Agung Motor/ Jalan Setia Budi No 34

Variasi

Cover tengah..........................Carbon
Piringan Cakram depan........TZM
Footstep .................................Underbone yamaha Thailand
Hand Grip ..............................Domino
Knalpot ...................................Endurace
Handle Rem............................Brembo
Sepatbor..................................Carbon Ride It

1 komentar:

  1. Harrah's Reno Casino & Hotel - MJ Hub
    This 논산 출장샵 smoke-free resort features 인천광역 출장마사지 live 과천 출장샵 entertainment, 평택 출장마사지 multiple restaurants, free on-site golf, free WiFi, and a casino. This property 양주 출장안마 features one

    BalasHapus