Sabtu, 14 Februari 2009

Yamaha Vixion 2007

Konsep R6 Tanpa Faring

















































Motor favorit di kalangan bikers di Indonesia adalah motor bernuansa sport-cruiser. Tetapi sebenarnya julukan motor sport-cruiser tak lain berasal dari istilah "Street Fighter" yang artinya "Petarung Jalanan". Disebut demikian karena motor berkonsep street fighter merupakan adaptasi dari motor superbike, namun mengalami beberapa penyesuaian agar mampu bermanufer di jalanan umum tetapi tidak kehilangan performa sebagaimana motor superbike.

Permainan konsep dapat kita lihat pada motor Vixion tahun 2007 yang dimiliki oleh Hendra. Jutaan rupiah yang dikeluarkan untuk merubah motor yang dimilikinya ini ke bentuk street fighter. Dengan menggandeng bengkel Colour Trans yang terletak di Jl Putri Candramidi Gg Sentosa no A2, yang digawangi oleh Raka, dan Robert konsep motor Yamaha R6 tanpa faring berhasil ditiru untuk motor kesayangannya tersebut.

Pemakaian bahan fiber sangat dominan dilakukan untuk motor Vixion ini, mulai dari pembentukan tangki, pembuatan hingga pembuatan seluruh body. Untuk meniru motor Yamaha R6 sendiri, Raka bersama rekannya memainkan bentuk dengan gypsum terlebih dahulu.

Pada bagian kaki, motor tersebut menggunakan Velg sprint milik tiger yang dibalut dengan ban ukuran 140/70-17 dibagian belakang, dan 110/70-17 untuk depan. Selain itu, cakram belakang milik Satria FU, dan piring cakram depan milik PSM Tiger tetap menjadi andalan pengereman di motor tersebut.

Untuk menampung ban motor yang terbilang cukup besar, di sini Raka Cs mengganti swingarm lama Vixion dengan membuatkan swingarm yang baru untuk motor tersebut. Pembuatan swingarm sendiri, dibuat dengan plat besi, yang dirasakan bisa bertahan lama.

Spidometer milik Vixion diubah mengikuti bentuk lampu dan visor motor milik Honda CS 1, begitu juga dengan setang milik Kawasaki Ninja digunakan motor tersebut. Sedangkan untuk penerangan belakang, penggunaan fiber clear yang mengikuti lampu Yamaha R6 yang mengikuti lekukan body.

Sering Mendapat Ejekan Teman














Sering mendapatkan ejekan dari teman tentang motor yang sering digunakannya, membuat hati Hendra berang, berbagai cara dilakukannya untuk bisa merubah tampilan motor Vixion yang dibelinya tahun 2007 itu.

Sebelum memulai modifikasi, menururtnya ia melakukan browsing di internet dulu untuk mencari model yang pas untuk konsep modifikasi yang akan diterapkannya. alhasil motor Yamaha R6 menjadi tambatan hati si pemilik motor ini.

Setelah mendapatkan informasi mengenai bengkel yang bagus, akhirnya Hendra memutuskan untuk memasukkan motornya di Bengkel Colour Tranz. Permintaan modifikasi yang mirip dengan Yamaha R6 disanggupi oleh Raka Cs, yang siap mendandani motornya tersebut.

Setelah jadi, motor yang mempunyai rute antar daerah ini semakin wah, dan tidak terdapat lagi singgungan dari temannya. Motor Vixion berkonsep R6 miliknya ini, diakui Hendra sempat membuat heboh, di tempatnya tinggal, banyak pengguna jalan yang melirik motor tersebut, bahkan tidak segan para pengguna jalan tersebut menanyakan motor jenis apa yang dikendarainya tersebut.

Biofile:
Nama : Hendra Kurniawan/Hendra
Ttl : Sintang, 9 November 1982
Alamat : Jl Darajuati RT 05/RW 02 No 43
Pekerjaan : Anggota Lapas Sambas
Pendidikan : UPB Pontianak, jurusan Hukum

Modifikator yang Doyan Akutansi




















Raka Mahardhika, atau biasa dipanggil Raka oleh teman-temannya sudah menggeluti dunia modifikasi lebih dari 10 tahun. Hobi memodifikasi motor diakuinya dilakukan secara otodidak, tanpa mendalami kursus apapun.

Proyek pertama yang dikerjakannya adalah membuat motor Honda Supercat yang diubah bentuknya menjadi konsep motor ayam jago, yang ,menurutnya saat itu trend motor modifikasi adalah motor ayam jago. setelah berhasil membuat motor tersebut, ia mulai tenar dimata para pecinta modifikasi.

Sebelum membuka bengkel modifikasi Colour Trans bersama rekannya Robert, raka bercerita kalau ia sebelumnya pernah menjadi anak buah bersama rekannya ini di sebuah bengkel, setelah dirasa memiliki keahlian, mereka berdua memutuskan untuk membuka bengkel masing-masing.

Setelah bertahun-tahun membuka bengkel pribadi, akhirnya ia kembali lagi bersama Robert untuk bekerjasama membuka bengkel. Terbentuk lah bengkel yang bernama Colour Tranz yang digawangi oleh kedua pemuda tersebut.

Hobinya dengan dunia otomotif rupanya tidak membuat dirinya sombong dan merasa pandai sendiri, ia pun menularkan ilmu otomotifnya sebagai guru di Bersatu Muda Mechanical Course. Selain itu ia juga sekarang sedang mengenyam pendidikan di Magister Untan dengan mengambil jurusan Akutansi semester akhir.

Biofile:
Nama : Raka Mahardhika
Ttl : Pontianak, 13 Februari 1980
Alamat : Jl Pak Benceng Gg Morodadi 2 No 14D
Pekerjaan : Modifikator
Pendidikan : Magister Manajemen Untan Jurusan Akutansi

6 komentar:

  1. bro gw minat n salut ma modifan vixionnya
    bleh tau hbis brapa duit buat modif?
    bisa pesan bodi set r6 gak?
    gw minat fiber tangki+body blakang+cover radiator samping. butuh brp duit bro?
    minat serius!!!!
    tolong infonya!!!!


    salam
    Beni vixiholic (BANDUNG JAWA BARAT)
    email:ibentbontot@gmail.com
    HP: 081220588750

    BalasHapus
  2. maaf ya bos, ru kebaca...
    klu mang bener2 minat, ntar gue tanyain deh..
    utk lebih jelasnya lgi, neh no HP gue...
    08524587198

    BalasHapus
  3. cari di mana ya bodykitnya...tlong info dong....email ke tugas4121@gmail.com

    BalasHapus
  4. bodynya bukan dibeli bos...
    tp dibuat di bengkel modifikasi yg ada di Pontianak...

    BalasHapus
  5. kalau bodi belakang aja kena berapa trus tuh kan pake hadlam cs1 visornya pake visor apa kalo ga keberatan kirim ke zulfa.adit@gmail.com

    thank bro

    BalasHapus