Sabtu, 24 Januari 2009

Tossa Optimax Tahun 2004













Evolusi Motor Bebek ke Motor Sport

Karena rasa cintanya terhadap Motor Tossa Optimax tahun 2004 yang merupakan motor bebek pabrikan Cina, Setyo Hadi yang merupakan penggemar modifikasi rela menghabiskan uang belasan juta rupiah untuk merubah bentuk motor tersebut menjadi motor sport.

Untuk merubah total motornya tersebut Setyo mempercayakan Inovation Auto Design yang beralamat di Jl Parit Haiji husin II no 3A. Disini pengerjaan motor pun dilakukan dengan memakan waktu kurang lebih satu bulan.

Pengerjaan yang paling utama dilakukan pada motor tersebut adalah pembuatan kerangka ulang untuk menopang tangki, serta nody-body motor yang baru. Untuk pengerjaan rangka motor sendiri memakan waktu 1 minggu.

Begitu kerangka selesai, penyettingan kaki-kaki motor pun dilakukan demi menyesuaikan pemasangan kaki-kaki motor yang serba baru dibeli, termasuk juga penyetelan monoshock motor bawaan lama yang disesuaikan dengan konsep yang akan digunakan.

Bagian kaki-kaki dianggap selesai, pembuatan bentuk tangki motor dan body pun dilakukan dengan menggunakan gypsum, berbagai macam bentuk coba diterapkan agar sesuai dengan bentuk motor. Bentuk motor yang diinginkan selesai, barulah pembuatan body motor dengan mengguanakan fiber yang merupakan bahan yang sangat cocok untuk body motor pun di rekatkan pada motor ini.

Untuk penerangan, lampu New Supra 125 Injection dipadukan dengan batok lampu costum membuat tampilan kepala motor sangat pas dengan beberapa komponen yang sebelumnya telah dibuat.

Setelah body selesai, pengecatan pun dilakukan dibengkel yang sama. Warna Hitam, Silver dan juga Kuning emas dipilih sebagai warna yang sangat cocok untuk membungkus body-body motor yang sangat kokoh dan gahar ini. (ddx)

Data Modifikasi:
Velg depan belakang : HMF 3 inch
Footstep : Pro
Ban depan : Ruber 100/70
Ban belakang : Ruber 130/70
Sok depan : King
Cakram Belakang : Satria
Knalpot : Variasi
Setang : Ninja
Body : Full Custom
























































Kegemaran yang memerlukan Restu Istri

Setyo Hadi yang merupakan pemilik motor Tossa Optimax tahun 2004 ini mengaku memang sangat menyenangi dunia otomotif, sebelum merombak motor Tossa ini, dia juga pernah memodifikasi motor trail yang dulu sering digunakannya untuk ke kantor.

Untuk motor Tossa ini, dia mengaku menghabiskan uang kurang lebih sebesar Rp 17 juta untuk mengubah tampilan motor bebek nya ke bentuk motor sport. Dengan hasil modifikasi sekarang, Ia mengaku sangat puas dengan bengkel modifikasi yang telah dipilihnya tersebut.

Alasan ayah tiga anak ini mau menghabiskan uang belasan juta rupiah untuk memodifikasi motor Cina yang biasanya dikenal sangat rewel dan sangat mudah rusak. Menurutnya motor yang dipakainya untuk kerja sehari-harinya ini, selama empat tahun digunakan, motor tersebut tidak pernah mengalami kendala pada mesin, "Hanya body saja yang rusak, jadi saya sangat sayang untuk menelantarkan motor tersebut," ujarnya.

Mengenai tanggapan keluarga mengenai hobinya, Setyo mengaku sang istri pertama sangat tidak menyukai dengan hobi yang menghabiskan banyak biaya itu, namun ia terus memberikan penjelasan dan alasan-alasan yang kuat untuk kegemarannya tersebut, dan itu membuat sang ibu luluh dan merestui hobi yang dimiliki Setyo ini. (ddx)

Biofile:
Nama : Setyo Hadi
Ttl : Gresik, 17 Mei 1975
Alamat : Jl Sei Raya Dalam Komplek Mitra Indah Utama 5 B19
Pekerjaan : Karyawan PT Dharma Guna Wibawa
Anak : 3 orang














Spesialis Body Costum

Suryansah atau yang biasanya dipanggil ncung ini mengaku sangat menyenangi dunia modifikasi lebih dari tiga tahun yang lalu. Ia mengaku dari awal menyelemi dunia modifikasi ia langsung terjun sebagai pembuat body motor dengan menggunakan fiber.

Di awal karier modifikasinya, pembuatan bentuk-bentuk body selalu menjadi kendala utama. Begitu banyak model dan lekukan-lekukan body yang sangat susah ditiru, ia juga dituntut untuk selalu berkreasi untuk membuat bentuk-bentuk body motor baru sehingga motor yang dimodifikasinya ini lain dari pada yang lain.

Untuk memodifikasi motor Tossa milik Setyo ia mengaku tidak begitu mengalami kendala yang berarti, karena sang pemilik motor menyerahkan secara penuh pembuatan body menurut hasil dan karyanya sendiri, hasilnya pun bisa dibilang sangat fantastis, motor yang dulunya bebek sekarang benar-benar menjadi motor sport.

Untuk kendala yang dialami dalam modifikasi tersebut hanya mengenai sistem kelistrikan motor, itu dikarena sistem kelistrikan motor pabrikan Cina sangat berbeda dengan sistem kelistrikan motor-motor pabrikan Jepang.

Walaupun telah banyak motor-motor yang dirubah tampilannya, tapi dengan rendah hati modifikator Innovation auto Design ini mengatakan masih ingin terus banyak belajar, karena menurutnya ilmu yang dimilikinya ini masih sangat jauh ketimbang para modifikator yang lain. (ddx)

Biofile:
Nama : Suryansah
Ttl : Pontianak, 24 Agustus 1979
Alamat : Jln Prof M yamin Gg Teluk Bayur
Pekerjaan : Modifikator Innovation Auto Design

2 komentar:

  1. Modifikasinya bagus. sayapun memodifikasi motor tossa saya dan banyak orang-orang yang heran dengan penampilan motor tossa (dapat dilihat di http://heroe1501.multiply.com). Semoga motornya dapat terus dipelihara ya.

    BalasHapus
  2. motor org bg, saye cma liput, kemaren di kontes djarum black yg ada di Pontianak, Tossa dapet juara 3, kelas bebek ektreem bg...

    BalasHapus